Resep dan Cara Membuat Kue Pukis

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Thursday, October 22, 2015

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis

Resep Kue Pukis : Mungkin teman teman belum tahu resep kue pukis ini sebenarnya sederhana lho. Bahan bahan resep kue pukis ini juga sangat mudah sekali di dapat di sekitar toko kelontong atau mini market sekitar rumah kita. Mungkin banyak di antara kita yang beranggapan kenapa harus repot repot membuatnya sendiri kalau dengan gampang kita bisa membelinya di sekitar rumah. 

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis

Buat teman teman yang lagi sibuk dan tidak punya waktu, membeli kue pukis mungkin lebih praktis. Apalagi kalau cuma untuk teman minum teh dan camilan selingan. Tetapi kalau kebetulan kita ada acara dan butuh kue dalam jumlah cukup banyak, mungkin membuat resep kue pukis sendiri lebih bagus. Selain itu, siapa tahu kue bikinan kita ternyata mempunyai banyak penggemar dan banyak yang suka. Tentu ini bisa dijadikan salah satu sumber tambahan penghasilan kan. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat kue pukis dan bahan bahan yang dibutuhkannya.

Bahan :
  • Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pukis sangat sederhana sekali. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 150 gram Tepung Terigu kualitas bagus. Gunakan tepung yang mempunyai kadar protein tinggi. Untuk merek, silahkan menggunakan merek favorit anda.
  • Bahan kedua adalah gula pasir sebanyak kurang lebih 100 gram saja. Kalau bisa gunakan gula yang berwarna putih, kalau kuning jangan yang mengandung aroma tebu.
  • Bahan ketiga adalah santan sebanyak 180 ml saja. Gunakan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih gurih dan legit.
  • Bahan keempat adalah ragi instan kurang lebih sebanyak setengah sendok makan saja.
  • Bahan kelima adalah telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs.
  • Bahan keenam adalah air hangat secukupnya. Siapkan kurang lebih sebanyak 60 ml saja.
  • Bahan ketujuh adalah hiasan atau topping resep pukis. Teman teman bisa menggunakan coklat butir atau meises, selai strawbery, parutan keju, butiran kacang tanah sangrai atau bahan lain sesuai selera. 
  • Bahan ke delapan minyak goreng atau margarin secukupnya untuk memasak adonan kue pukisnya.
  • Cetakan pukis atau bisa juga menggunakan cetakan kue lumpur atau apem yang berbentuk setengah bola.
Cara Membuat Kue Pukis :
  1. Seperti bahan bahan yang dibutuhkan, cara membuat kue pukis sangat sederhana sekali. Langkah pertama siapkan panci kecil dan masukkan 180 ml santan yang sudah dipersiapkan. Nyalakan kompor dengan api kecil sedang dan aduk aduk santannya sampai mendidih. Jangan sampai berhenti mengaduk supaya santan tidak pecah.
  2. Siapkan satu wadah kecil. Masukkan ragi dan air yang sudah dipersiapkan. Aduk dan campur kedua bahan tersebut sampai tercampur rata dan airnya berbuih.
  3. Ambil satu wadah lagi agak besar. Masukkan 3 butir telur ayam dan campur dengan gula pasir yang sudah dipersiapkan. Aduk dan kocok kedua bahan tersebut sampai rata dan mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu yang mempunyai kandungan protein tingginya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk sampai benar benar tercampur rata. Proses pengadukan bisa menggunakan spatula. Ulangi sampai semua bahan tepung terigunya habis dan pastikan tidak ada gumpalan gumpalan di adonan.
  5. Ambil air yang sudah dicampur dengan ragi diatas dan masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk supaya adonan tercampur rata.
  6. Masukkan santan ke adonan di atas sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Ulangi sampai bahan santan habis dan adonan tercampur rata.
  7. Diamkan adonan diatas kurang lebih selama 15-16 menit supaya mengembang.
  8. Siapkan cetakan kue pukis atau bisa juga menggunakan cetakan kue yang lain. Hidupkan dengan api kecil sedang dan olesi cetakan menggunakan margarin atau minyak sedikit saja supaya tidak lengket.
  9. Tuang adonan resep kue pukis ke dalam cetakan, tetapi jangan sampai penuh.
  10. Tunggu sampai adonan agak matang dan taburi hiasan atau topingnya (adonan tidak perlu dibalik).
  11. Angkat setelah matang dan pinggiran cetakan kering.
Bagaimana menurut teman teman resep cara membuat pukis diatas? Ternyata tidak terlalu sulit kan proses membuat kue pukis enak diatas? Buat teman teman yang sekedar ingin mencicipi, mungkin membeli kue ini adalah pilihan terbaik. Tetapi kalau kebetulan punyak waktu luang dan membutuhkan kue tersebut dalam jumlah yang agak banyak, saya rasa Resep Kue Pukis diatas akan sangat berguna sekali. Selamat Mencoba......!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Kue Pukis

0 comments:

Post a Comment