Resep dan Cara Membuat Ketan Srikaya

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Friday, October 23, 2015

Resep dan Cara Membuat Ketan Srikaya

Resep Ketan SrikayaMungkin teman teman belum tahu resep ketan srikaya ini sebenarnya sederhana lho. Bahan bahan resep ketan srikaya ini juga sangat mudah sekali di dapat di sekitar toko kelontong atau mini market sekitar rumah kita. Mungkin banyak di antara kita yang beranggapan kenapa harus repot repot membuatnya sendiri kalau dengan gampang kita bisa membelinya di sekitar rumah. Buat teman teman yang lagi sibuk dan tidak punya waktu, membeli ketan srikaya mungkin lebih praktis. 

Apalagi kalau cuma untuk teman minum kopi hitam dan camilan selingan. Tetapi kalau kebetulan kita ada acara dan butuh kue dalam jumlah cukup banyak, mungkin membuat resep ketan srikaya sendiri lebih bagus. Selain itu, siapa tahu kue bikinan kita ternyata mempunyai banyak penggemar dan banyak yang suka. Tentu ini bisa dijadikan salah satu sumber tambahan penghasilan kan. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat ketan srikaya dan bahan bahan yang dibutuhkannya.

Resep dan Cara Membuat Ketan Srikaya

Untuk dapat menikmati nikmatnya ketan srikaya, anda bisa hunting ke tempat - tempat ramai atau pertigaan juga perempatan jalan. Biasanya di sana akan ada para pedagang yang mangkal dengan gerobaknya yang menghidangkan aneka macam-macam keu kesukaan anda. Selain membelinya, anda juga bisa membuatnya sendiri untuk ekspektasi rasa dan ukuran yang lebih sesuai dengan selera anda. Cara membuatnya tidaklah rumit, dengan resep ketan srikaya di bawah ini anda bisa dengan mudah membuat ketan srikaya kreasi anda sendiri tanpa menemukan kesulitan yang berarti. Simak resep ketan srikaya selengkapnya berikut ini.

Bahan :
  • Ketan putih 500 gr, cuci, tiriskan
  • Santan 250 ml dari ½ butir kelapa
  • Garam 1 sdt
Bahan Adonan :
  • Telur ayam 5 btr
  • Santan 300 ml
  • Gula pasir 300 gr
  • Tepung terigu 60 gr
  • Air daun suji pandan 50 mlEssen vanili ½ sdt
Resep dan Cara Membuat Ketan Srikaya :
  1. Rendam ketan dalam air dingin selama ± 2 - 3 atau semalam kemudian jam cuci bersih ketan, kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga setengah matang angkat.
  2. Campur santan, dan garam rebus hingga mendidih angkat.
  3. Tuangkan santan rebus ke dalam ketan setengah matang aduk hingga santan terserap kukus lagi ketan hingga matang. 
  4. Angkat ratakan ketan dalam loyang beralas plastik.
  5. Srikaya : kocok telur dan gula hingga gula larut. 
  6. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata.
  7. Tusuk-tusuk ketan dalam loyang tuangi adonan srikaya. 
  8. Kukus lagi sampai matang dan beku selama ± 40 menit angkat dan dinginkan. 
  9. Potong-potong sesuai selra dan sajikan. 
Demikianlah resep membuat ketan srikaya enak, semoga artikel kami ini dapat menambah kreaktifitas anda dalam menyajikan makanan enak buat keluarga tercinta. Terima Kasih...!!




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Ketan Srikaya

0 comments:

Post a Comment