Resep dan Cara Membuat Bandrek Bandung

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Monday, November 30, 2015

Resep dan Cara Membuat Bandrek Bandung

Resep Bandrek Bandung » Bandrek memang banyak dicari, terutama karena rasanya yang enak dan baik untuk kesahatan anda, minuman ini termasuk minuman hangat yang sangat cocok diminum ketika musim hujan, seperti sekarang pada saat tahun baru bulan Desember di mana musim hujan tiba, akan sangat menyenangkan minum bandrek untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, bandrek ternyata juga memiliki fungsi untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang mengganggu anda. Kebanyakan yang kita temui dikota Jakarta ini disaat hujan datang adalah gerobak-gerobak yang menjajakan sekoteng. Nah sekarang artikel kami ini akan memberi tahu menu lain yaitu bandrek.

Resep dan Cara Membuat Bandrek Bandung

Dan minuman bandrek ini sangatlah cocok untuk anda terutama laki-laki, bandrek selain rasanya yang pedas karena ada campuran jahe, bandrek juga berguna untuk pudding anda, yang biasa kita dapatkan di warung-warung kopi terdekat anda cuman teh telor, nah sekarang cobalah pudding anda dengan meminum bandrek olahan anda sendiri.

Rempah - Rempah Pelengkap Bandrek :

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bandrek juga terkadang diberikan tambahan rempah-rempah agar lebih hangat bagi tubuh. Adapun rempah-rempah tambahan tersebut yaitu berupa merica, serai, telur ayam kampung, pandan, serta lain sebagainya. Namun jika ingin resep bandrek yang asli maka Anda tak perlu menambahkan rempah-rempah ini. Tetapi memang jika ingin mencoba eksperimen rasa mana yang paling cocok dengan lidah Anda, maka tak ada salahnya Anda mencoba menambahkan beberapa dari pilihan rempah-rempah tersebut.

Penambahan Susu Pada Bandrek :

Bandrek sebagai minuman kesehatan tenggorokan dan penghangat tubuh juga terkadang diberikan tambahan lain selain rempah-rempah, contohnya ditambahkan susu. Namun itu semua bergantung kepada selera masing-masing, untuk susu, susu yang digunakan sebaiknya adalah susu segar dan bukan susu kalengan, sebab rasanya lebih gurih dan akan memperkaya rasa pada minuman bandrek yang dibuat. Bandrek selain dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit tenggorokan, dipercaya juga bisa membantu proses penyembuhan sakit batuk serta beberapa penyakit ringan lainnya. Jadi dapat dikatakan juga bahwa bandrek ini merupakan minuman herbal kesehatan.

Bahan Membuat Bandrek :
  • 4 gelas air atau 1 liter air
  • Jahe 100 gram (Setengah ons); Dibakar – Dimemarkan
  • Serai 2 btg – Dimemarkan
  • Merica tumbuk kasar sebanyak ½ sendok
  • Garam ½ sdt
  • Gua aren 300 gram (3 ons) – Diiris
  • Cengkeh ½ sendok
  • Daun pandan 2 lbr
  • Kayu manis 1 buku ibu jari
Cara Membuat Bandrek :
  1. Pertama, masukkanlah jahe yang sudah dimemarkan, daun pandan, kayu manis, gula aren, dan garam di dalam panic.
  2. Kedua masaklah air sampai mendidih lalu aduk hingga benar-benar rata.
  3. Angkat kemudian saring menggunakan saringan halus.
  4. Berikutnya Anda sudah dapat menyajikan minuman bandrek ini, bagusnya disajikan saat masih panas.
Demikianlah Resep Bandrek Bandung enak, semoga artikel kami ini dapat menambah keatifitas anda dalam menyajikan makanan yang enak dan lezat buantan anda. Selamat Mencoba.......!!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Bandrek Bandung

0 comments:

Post a Comment