Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Monday, November 16, 2015

Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Resep Bubur Kacang Hijau  » Bubur Kacang Ijo Sudah pasti kita semua tahu manfaat dari kacang hijau buat tubuh kita. Tidak hanya untuk anak anak yang dimasa pertumbuhan, orang dewasa pun bisa mendapatkan manfaat kebaikan alami dari salah satu jenis palawija ini. Yang jadi masalah adalah bagaimana cara yang paling gampang buat menikmati dan meperoleh manfaat kebaikan dai kacang polong ini. Banyak sekali resep bubur kacang hijau yang bisa kita buat dengan mudah. Salah satu yang paling populer adalah Resep Bubur Kacang Hijau Enak yang Bergizi dan Lezat rasanya apabila dicampur dengan ketan hitam.

Banyak sekali variasi kudapan satu ini yang biasa kita kenal, seperti resep bubur kacang ijo susu, bubur kacang hijau tanpa santan, bubur kacang hijau madura, bubur kacang hijau ketan hitam dan yang lainnya. Bahkan sering kali kita juga menemui resep bubur kacang hijau untuk bayi. Memang selain rasanya yang cukup nikmat dan lezat, bahan baku makanan ini sangat mudah sekali di dapat dan harganya pun tergolong cukup murah sekali. Selain itu biasanya setiap daerah di Indonesia memang mempunyai ciri khas sendiri dalam masakan dan kemudian dipadukan ke dalam resep kacang hijau ini. 

Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau


Buat beberapa teman yang sudah pernah membuat bubur kacang hijau sendiri dirumah, mungkin pernah menemui beberapa kendala dan hasilnya tidak terlalu empuk. Mungkin Teman teman mengira bahwa membuat resep bubur kacang hijau ini mudah. Tetapi kalau tidak tahu tips dan rahasianya, dijamin pasti hasilnya tidak empuk dan gurih. Salah satu faktor pling penting dalam membuat kacang hijau adalah proses peredaman kacang hijaunya dulu dengan air hangat selama kurang lebih 2 jam. Gunakan kacang hijau yang benar benar berkualitas baik. Caranya masukkan dan cuci kacang hijau dahulu dan buang kacang yang mengambang.

Selain itu apabila teman teman ingin membuat bubur kacang hijau dengan santan, sebaiknya menggunakan santan kental dari perasan buah kelapa asli. Tetapi kalau memang tidak ada, santan instan bisa digunakan, cuma jangan terlalu banyak dicampur dengan air. Selain itu, untuk menambah sensasi hangat saat menyantapnya, sebaiknya ditambahkan juga sedikit jahe dan gula merah jawa. Oke untuk lebih jelasnya, silahkan melihat langkah langkah cara membuat bubur kacang hijau dan bahan bahan yang dibutuhkan.

Bahan :

  • Bahan utama yang diperlukan adalah adalah 250 gram kacang hijau yang kualitasnya baik dan tidak banyak kotorannya. Jangan lupa dipilih dulu dengan cara diatas ya.
  • Gula merah atau gula jawa kurang lebih sebanyak 350 gram. Iris tipis tipis gula gar mudah larut dengan air nanti.
  • Garam yang mempunyai kadar yodium sebanyak kurang lebih 1 sendok kecil (bisa ditambahkan kalau dirasa kurang).
  • Daun Pandang yang sudah dicuci bersih ukuran sedang sebanyak 4 lembar atau 6 lembar untuk yang kecil. Bikin simpulan dan 2 lembar untuk membuat santannya dan sisanya untuk campuran membuat bubur kacang hijaunya.
  • Jahe yang sudah dicuci bersih dan dikupas dengan panjang kurang lebih 2-3 cm.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 80-100 gram atau sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sekitar 2-2.5 liter air.
  • Bahan santan yang yang dibutuhkan adalah garam dan air secukupnya. Santan kental asli atau bisa juga mengunakan santan instan kurang lebih 200 ml.
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau :
  1. 250 gram kacang hijau yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam panci berisi air hangat. Rendam kacang hijau tersebut kurang lebih selama 1.45 sampai 2 jam supaya butiran Kacang hijaunya empuk saat dimasak nantinya.
  2. Siapkan air yang akan digunakan untuk memasak bubur kacang hijaunya. Masukkan kacang hijau yang sudah direndam dan masak sambil sesekali diaduk aduk sampai butiran kacang hijaunya empuk, merekah dan matang.
  3. Siapkan satu panci lagi dan beri air secukupnya untuk merebus bahan bahan pendukungnya.
  4. Masukkan gula merah yang sudah diiris tipis tipis dan aduk aduk sampai gula larut dan bercampur rata didalam air rebusan.
  5. Saring air gula diatas dan masukkan ke dalam panci yang berisi kacang hijaunya. Aduk aduk sampai kacang hijau dan air gulanya tercampur rata.
  6. Masukkan 2 pcs daun pandan yang sudah disimpul, garam dapur, gula pasir dan garam secukupnya. Tambahkan gula dan garam kalau dirasa kurang sedap.
  7. Sekarang siapkan satu panci lagi dengan api kecil untuk membuat kuah santannya.
  8. Masukkan santan kentalnya dan beri sedikit air. Aduk aduk sampai air tercampur dengan santannya.
  9. Masukkan daun pandan dan garam secukupnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Aduk terus sampai mendidih dan jaga jangan sampai santan pecah.
Bagaimana menurut teman teman cara mmbuat bubur kacang hijau diatas? Ternyata tidak terlalu sulit kan. Teman teman juga bisa memberikan variasi ketan, susu dan campuran yang lain supaya hasilnya lebih menarik dan nikmat. Selain lebih berhemat, dengan membuat sendiri resep bubur kacang hijau teman teman bisa menambahkan bahan bahan lain untuk menambah cita rasanya. Selamat Mencoba....!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

0 comments:

Post a Comment