Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Thursday, November 12, 2015

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang

Resep Kue Donat Kentang  » Kue Donat Kentang Donat adalah makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dan salah satu jenis kue kering. Berbentuk bulat dan mempunyai lubang di tengah  sekilas berbentuk cincin merupakan ciri khas dari makanan ini. Donat umumnya berbahan dasar tepung terigu saja dan mempunyai aroma yang sederhana, namun ada juga yang memberikan variasi lain dengan menambahkan kentang pada adonannya.

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang

Mungkin selama ini anda cuman menyicicipi kue donat  dengan cara membeli di kedai - kedai terdekat anda, nah sekarang kami akan mengajak anda yang ada dirumah untuk mengolah kue donat kentang dengan cara membuat sendiri, mungkin artikel kami ini bisa membantu anda dalam membuat kue donat kentang, olahan tangan anda sendiri. 

Bahan :
  • 1/2 kg tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telor
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 11 gram ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula (tergantung selera)
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 gelas air sekitar 100 ml
  • Minyak goreng secukupnya 
Bahan untuk Topping :
  • 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) atau 1 coklat batangan
  • 2 sendok makan margarin
  • Meses atau tepung gula secukupnya

Resep dan Cara Membuat Keu Donat Kentang:

  1. Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian rebus sampai matang.
  2. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan kentang benar-benar halus merata
  3. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan juga kentang yang telah dihaluskan tadi. Kemudian aduk rata sekitar 20 menit.
  4. Aduk adonan menggunakan alat pengaduk sampai setengah kalis kemudian diamkan selama 30 menit sampai adonannya mengembang.
  5. Hindari mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena dapat menyebabkan adonan tidak mengembang dan terkesan kaku.
  6. Selanjutnya masukkan garam, mentega, dan juga air lalu aduk hingga benar-benar kalis. Lama pengadukan sekitar 10 menit.
  7. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian dan diamkan selama 15 menit agar adonan benar-benar mengembang.
  8. Setelah itu, bentuk adonan seperti donat pada umumnya yaitu terdapat lubang ditengahnya. Anda juga bisa membentuk adonan sesuai selera anda.
  9. Tuangkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng adonan donat dalam api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan. Gunakan alat bantu seperti sumpit ketika menggoreng donat agar mendapat lingkaran sempurna pada lubang donat.  

Menghiasi Donat dengan Topping :

Jika ingin donat anda lebih enak dan menarik, anda bisa menaburkan meses di atasnya. Untuk melengketkan meses pada donat, anda bisa melakukannya dengan cara berikut :
  1. Iris kecil-kecil coklat terlebih dahulu menggunakan pisau.
  2. Masukkan dua sendok margarin dan coklat yang telah di iris kecil-kecil tadi ke wajan anti-lengket dan masak hingga mencair.
  3. Celupkan sisi atas donat ke dalam coklat cair tadi, kemudian taburkan meses di atasnya.
Sekarang anda bisa menikmati kue donat kentang buatan anda sendiri dengan santai. Semoga resep mengenai bagaimana cara membuat donat kentang bermanfaat dan berguna bagi anda. Terima Kasih..!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kentang

0 comments:

Post a Comment