Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Wednesday, November 18, 2015

Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng

Resep Gurame Goreng » Jangan bilang anda penggemar ikan goreng kalau anda belum mencicipi nikmatnya gurame goreng. Ikan gurame merupakan jawara dari semua ikan air tawar. Bagaimana tidak, dari semua ikan tawar ikan gurame merukan ikan yang paling banyak diminati masyarakan untuk dijadikan masakan yang lezat. Jenis ikan ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti dibakar, digoreng, direbus ataupun dikukus dn tentunya seua cara tersebut tidak akan menghilangkan cita rasa dari ikan gurame.

Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng

Gurame yang digoreng merupakan yang paling diminati dari yang lain. Pantas saja menu gurame goreng selalu menjadi pilhan bagi banyak rumah makan. Jika anda ingin menikamati gurame goreng yang mudah dan tidak kalah enak rasanya dengan yang disajikan dirumah makan favorit anda, tentunya artikel ini sangat membantu anda. Berikut adalah resep gurame goreng istimewa yang patut anda coba.

Bahan :
  • 500 gr (1 ekor) ikan gurame
  • sdm air jeruk nipis
  • 500 ml minyak goreng
Bumbu Yang Dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt garam
Cara Membuat Gurame Goreng :
  1. Belah sikan gurame sampai ¾ bagian sisi kanan dan sisi kiri ikan gurame namun pastikan tidak terputus. Jika anda menginginkn gurame tanpa dibelah, maka sayat-sayat ikan gurame.
  2. Olesi dengan air jeruk nipis dan biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  3. Lumuri ikan gurame dengan bumbu halus, kemudian diamkan selama 30 menit agar bumbu benar-benar meresap.
  4. Panaskan minyak kemudian goreng ikan gurame dengan posisi berdiri untuk gurame yang dibelah. Gunakan dua penjepit untku memegangi ikan agar dagingnya berbentuk seperti kipas. Goreng hingga kuning kecokelatan. Untuk yang disayat anda dapat menggorengnya dengan posisi biasa.
  5. Tunggu hingga kuning kecokalatan. Angkat dan tiriskan.
Bagaimana, apakah anda merasa membuat gurame goreng yang istimewa sangat mudah? Dipaduka dengan sambal yang pedas, gurame goreng terasa lebih istimewa. Mungkin sebagian dari anda ada yang kurang menyukai sambal sebagai pendamping gurame goreng. Sebagai alternative, gurame goreng juga dapat disajikan bersama saus-saus pilihan dan rasanya tidak kalah lezat dengan gurame goreng sambal pedas. Semoga resep diatas dapat menjadi salah satu referensi terbaik bagi anda yang sedang berburu resep gurame goreng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng

0 comments:

Post a Comment