Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu

Kumpulan resep kue dan masakan Indonesia terbaru dan terlengkap!

Sunday, November 22, 2015

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu

Resep Kue Putu Ayu » Setiap membeli kue putu pasti anda selalu berkomentar tentang ukurannya yang terlalu kecil. Memang kue ini tergolong lebih mahal dari kue tradisional lainyya. Namun, penggemar kue yang sangat nikmat dimakan panas-panas ini tidaklah sedikit. Bahkan kebanyakan dari mereka rela mengantri demi kue putu. Apakah anda salah penggemar kue putu?

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu

Jika anda begitu menyukai kue putu ini, mengapa anda tidak mencoba memasak kue putu ini dengan olahan tangan anda sendri. Bahan-bahan kue putu bisa dibilang sangat sederhana dan mudah sekali untuk didapatkan dan prosesnya juga tidak sulit. Nah bagi anda yang ada dirumah ingin tahu bagaimana resep makanan tradisional yang satu ini, berikut resep kue putu yang siap menggantikan kue putu yang biasa ada beli.

Resep Kue Putu Ayu :
  • 375 gram tepung beras kering
  • 125 gram gula merah, iris tipis
  • 300 ml air
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sdt pewarna hijau
  • 150 gram kelapa parut, kukus dengan sedikit garam agar kelapa parut gurih.
Cara Membuat Kue Putu Ayu :
  1. Didihkan air. Tambahkan garam, daun pandan dan pewarna hijau dan tunggu hingga mendidih. Angkat, biarkan hangat lalu tuangkan ke dalam tepung beras perlahan lahan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga berbutir-butir halus.
  2. Siapkan saringan kasar, masukkan adonan tepung, gosok-gosokkan hingga adonan tepung berbentuk butiran halus. Tampung dalam wadah.
  3. Ambil cawan ukuran 30 ml, lalu tuang ½ sdm adonan tepung, lubangi bagian tengahnya dengan telunjuk, masukkan gula merah, tutup dengan ½ sdm adonan tepung tetapi jangan di tekan, ratakan.
  4. Balik cetakan yang berisi adonan ke atas loyang datar beralas daun pisang, angkat cetakannya. Atur jarak antara kue putu satu dengan yang lain.
  5. Kukus dengan api besar selama kurang lebih 10 menit. Angkat lalu sajikan selagi panas dengan taburan kelapa parut gurih.
Bukan hanya cukup mudah, tapi cara membuat kue putu memang benar-benar mudah. Jika anda belum puas dengan kue putu yang anda beli, rasanya resep kue putu diatas patut anda coba. setelah mencobanya pasti anda akan ketagihan membuat kue putu sendiri dari pada jajan kue putu diluar. Semoga resep kue putu diatas dapat bermanfaat untuk para pecinta putu termasuk anda. Dan masih banyak lagi aneka resep makanan yang kami sediakan bagi anda yang membutuhkannya. Terima Kasih sudah mampir kesini...!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu

0 comments:

Post a Comment